“KETEGUHAN SEORANG RONNY PATTYNASARANY”

Menurut saya buku ini sangat bagus, dimana si penulis menjabarkan secara detail kehidupan Ronny Pattinasarany. Si penulis menceritakan mulai dari kampung halaman Ronny Pattynasarany, kehidupan masa kecilnya, sampai dia remaja, hingga akhirnya dia menikah dengan seorang wanita cantik yang benama Stella dan dikaruniai tiga orang anak yang bernama Benny, Yerry, dan Ceta. Di dalam buku ini dikisahkan bagaimana pahit getirnya kehidupan yang Ronny jalani. Ronny adalah seorang yang tidak mudah menyerah menjalani hidup. Tekadnya untuk bermain bola membuat dia merasa yakin, dengan bermain bola dia pasti dapat menghidupi keluarganya. Keinginannya untuk mengangkat persepak bolaan di Indonesia telah tercapai. Oleh karena itu, jasanya sebagai seorang pemain nasional tidak dapat dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Apalagi Ronny pernah menjadi pelatih dari beberapa klub sepak bola di Indonesia dan menuaikan hasil yang baik. Hingga akhirnya, Ronny Pattinasarany di sebut-sebut sebagai pemain legendaris terbaik urutan nomor tiga di Indonesia hingga sekarang.
Buku ini juga menceritakan bagaimana Ronny sangat sayang pada keluarganya. Itu terbukti pada saat dia rela meninggalkan karirnya sebagai pelatih sepak bola di PS Semen Gresik karena ingin menolong kedua anak laki-lakinya yang terjerat narkoba. Usahanya pun tidak sia-sia, sehingga kedua anak laki-lakinya bertobat dan kembali ke jalan Tuhan.  Buku ini juga membuktikan ketegaran Ronny Pattinasarany dalam menjalani hidup, yaitu saat Ronny menderita kanker pankreas dan berobat ke Guangzhou, China. Meskipun menderita penyakit yang serius, dan dokter memvonis bahwa umurnya tidak lebih dari satu bulan, Ronny tetap yakin bisa sembuh. Namun Tuhan berkehendak lain. Tepat tanggal 19 September 2008, Ronny Pattynasarany menghembuskan nafas yang terakhir. Ini dapat kita ketahui dari tulisan buku harian istrinya, Stella yang dimuat idi buku ini.
Melihat Ronny Pattynasarany yang dapat melewati berbagai masalah dan kesulitan dalam hidupnya, saya setuju denagn judul pada cover buku ini, yaitu “ Dan, Saya Telah Menyelesaikan Pertandingan Ini….”

1 Response so far »

  1. 1

    Fanny said,

    Ini komentar siapa?
    Bagus sih…
    Perhatikan kesalahan ketik, ya…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: